Saturday, October 26, 2019



Hari ini tanggal 26 Oktober 2019, lima tahun lebih enam bulan dua belas hari sudah gw meninggalkan dunia perkuliahan, dunia kemahasiswaan. Dunia dimana gw ngerasain begadang2 buat ngerjain tugas dosen, dunia dimana gw begadang2 buat bikin program, dunia dimana gw begadang2 jagain kampung gw. Loh?! Ini gw pas ikut siskamling kayanya. Banyak hal yang berkesan di masa2 gw jadi mahasiswa, tapi bukan berarti gw ngga bisa move on dari masa itu. Buktinya sekarang gw udah kerja, iya gw udah kerja, iya kerja (seakan ngga percaya sama diri sendiri). Alhamdulillah sudah lima tahun lebih pula gw kerja disatu2nya stasiun televisi berplat merah yaitu K*mpas TV….hahaha bukan dong, ngga usah disebutin juga pasti udah pada tau kan, walaupun mungkin ngga ada yang nonton. Tapi mungkin beberapa tahun belakangan ini stasiun tv milik pemerintah ini sedikit demi sedikit mulai kembali muncul ke permukaan, “hah? Muncul kepermukaan? Jadi selama ini tenggelam? “ bukan..kami bukan tenggelam, kami hanya lupa caranya untuk berenang, kami belum siap dengan adanya para pesaing, kami terlena sebagai yang pertama. Tapi beda dengan kami yang sekarang, kami siap untuk bersaing dengan tv2 swasta, kami siap membuktikan menjadi tv publik yang kembali dicintai oleh masyarakat Indonesia. But wait, ini kan blog gw ya..kenapa gw promosiin kantor? Dapet suntikan dana juga ngga..hahaha


Oke fokus!, gw kan mau cerita tentang hidup gw lima tahun belakangan ini, bukan ceritain kantor. Kalo mau tau cerita tentang kantor gw kapan lahirnya? Kapan berdirinya? ASI sampai umur berapa? Orang tua nya siapa? Gw jg ngga tau!! Wkwkwkw
Jadi awal mula nya kenapa gw bisa kerja disini itu ngga disengaja sebenernya, gw nolongin kakek2 nyebrang jalan yang ternyata dia adalah pemilik perusahaan itu..anjiirrr ngga gitu ceritanya, berasa kaya di FTV2 gitu. Jadi sebenernya setelah gw lulus kuliah, gw sempat memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia perartisan, yang menurut gw udah mulai ngga asik aja gitu. Udah mulai ke banci2an, kebanyakan gosip2, settingan lah, whatever lah (kenapa jadi curhat masalah acara tv si? Pliss fokus dulu sebentar ko..). Balik lagi ke yang gw memutuskan untuk rehat, ternyata Allah SWT berkehendak lain. Gw dapet tawaran gantiin orang magang di tempat gw kerja sekarang. Jadi singkat ceritanya ada orang yang mau magang gitu di T*RI, di bagian Chargen (Character Generator) lebih tepatnya. Nah karna pekerjaan di chargen itu langsung berhubungan sama layar tv, dia ngga berani dan memutuskan untuk ngga jadi magang disitu. Nah karna yang bawa anak magang tadi itu om gw, om gw ngerasa ngga enak dan berusaha mencari penggantinya. Entah om gw dapet ilham dari mana, atau entah mahluk astral macam apa yang udah bisikin om gw, sehingga terlintas lah nama gw dalam pikiran dan sanubari om gw. Pokoknya gitu deh awalnya kenapa gw bisa kerja di T*RI sampe sekarang.
Lingkaran merah difoto ini salah satu contoh bagian
dari pekerjaan chargen
sumber gambar: https://kemlu.go.id/riyadh/id/news/1286/
menuju-baitullah-1440-h-2019-m-video-tvri

                Awal gw mulai berkarir di stasiun tv ini sebagai Penata Aksara atau disini sering disebut chargen. Chargen itu ngapain sih kerjanya? Gw juga bingung selama jadi chargen kerja apaan..hahaha. Jadi kerjaan chargen itu sebenernya lebih ke ngetik sih, sama nampilin2 judul berita, nampilin nama pembawa acara atau narasumber, nampilin kerabat kerja, running text, banyak deh pokoknya. Dari kerja dibagian chargen ini akhirnya gw tau gimana proses produksi sebuah acara live sebenernya, gimana proses dibalik layarnya, karna selama ini kan yang gw tau cuma nonton aja, taunya nonton lancar2 aja gitu. Padahal dibelakangnya tuh ada aja kejadian2 aneh gitu, kaya kameramen kesurupan lah, mixer pindah sendiri lah, audio mati sendiri lah..kok jadi kaya syuting acara misteri gini si? Ya pokonya banyak hal2 yang gw ngga tau jadi tau. Gw kerja dibagian chargen kurang lebih sekitar satu tahun, walaupun ngga pure satu tahun. Karna gw sempet pidah kerja ke Polda Metro Jaya dibagian Cyber Crime, yang akhirnya harus gw ikhlaskan karna bokap gw nyuruh balik ke T*RI. Ya mau gimana lagi, mau gw pukul..tp orang tua sendiri takut dosa trus masuk neraka, mau mukul orang tua temen..ya dia ngga tau apa2, ya intinya kalo udah orang tua yg nyuruh gw bisa apa..hahaha
Gw kerja di T*RI bagian chargen itu dengan status kepegawaian yang ngga jelas. Status kepegawaian gw saat itu adalah “Tenaga Harian Lepas” dengan gaji yang sangat mengejutkan perbulannya, yang akan membuat bulu kuduk berdiri, bibir pecah2, mata merah, dan gusi berdarah. Gaji gw sebulannya waktu itu adalah…..*JENG JENG JENG*(biar lebih dramatis gitu) lima ratus ribu rupiah..wkwkwkwk
Gimana sudah merasa kasihan atau iba? Hahaha yang mau nyumbang boleh kok, DM aja ke IG gw..
Tapi kerja bagian produksi di T*RI itu selain dapet gaji ada uang lelahnya lagi, jadi setiap acara yang kita pegang kita dapet uang lagi per acaranya. Udah gitu orang2 dibagian chargen itu baik2, apalagi mas Alif (Alif Ramadhani nama lengkapnya, sampe sekarang masih kerja dibagian chargen). Entah udah berapa kali gw dikasih kejutan2 sama beliau, semoga kebaikan beliau dibalas oleh Allah SWT, semoga berkah hidupnya, semoga rezeki nya lancar terus..aamiin. Justru malah gw yang ngerasa bersalah sama beliau, gw pernah berniat buatin dia web gitu, tapi sampe sekarang malah ngga jadi2..hehe. Nah, itu lah kenapa dengan gaji gw yang cuma segitu tapi bisa ngga kepake sama sekali dengan adanya uang lelah itu, jadi tetep bisa nabung gw..hehe
Nah Kalo udah ngomongin masalah gaji gini, apalagi buat yang baru2 kerja ada tuh kaya semacam ritual gaji pertama gitu. Biar gw jelaskan sedikit mengenai ritual gaji pertama ini, jadi ritual ini adalah “suatu kondisi dimana orang yang baru kerja dan gajian untuk pertama kalinya agar mentraktir atau menghabiskan gaji pertamanya untuk mendanai kebutuhan pangan dari teman2nya”. Ngga wajib sih hukumnya, cuma kaya ada dorongan supaya harus aja gitu..hahaha Ngga melulu hanya temen yang ditraktir, ada juga yang buat traktir keluarga, ada juga  yang buat traktir pacar, ada juga yang buat traktir keluarga pacar (yang ngalamin ritual ini pasti senyum2 kuda ngga jelas). Dan untuk gw, kebetulan saat pertama gajian itu bertepatan dengan akhir bulan Ramadhan. Jadi gw bukan cuma dapet gaji aja, tapi sama dapet THR (Tunjangan Hari Rabu Raya). Dan nilai dari THR nya itu sama kaya gaji gw sebulan..hahaha (berkah bulan Ramadhan..Masya Allah). Jadi karna gw dapet double gitu, yang gaji gw buat traktir temen2 gw, dan yang THR gw kasih ke nyokap gw buat keperluan atau kebutuhan di hari raya Idul Fitri (tapi masih ngga nyangka aja bakal jadi yang pertama dan terakhir kali gw ngasih ke beliau..T.T). Tapi selama kurang lebih satu tahun kerja di chargen gaji gw sempet naik dari yang tadinya cuma lima ratus ribu rupiah menjadi delapan ratus ribu rupiah. Ngga banyak sih memang naiknya, tapi lumayan lah buat tambah2 beli susu anak..hahaha
                Status sebagai tenaga harian lepas selama kurang lebih satu tahun gw terima, bukan tanpa usaha agar bisa di angakat menjadi pegawai tetap ditempat itu. Tapi justru malah sampe bingung harus berharap ke siapa, harus berbuat apa, karna pada saat itu gw udah beberapa kali bersurat ke bagian SDM tapi ngga ada respon, udah bersurat ke bagian program dan berita ngga ada tanggapan, bahkan gw pernah bersurat langsung ke Direktur Umum dan Direktur Program Berita tetap ngga membuahkan hasil. Yang padahal di bagian tempat gw kerja itu (chargen maksudnya) sedang dalam kondisi yang kekurangan tenaga, bahkan dengan adanya gw. Sampe pada akhirnya ada tawaran untuk pindah ke bagian keuangan, ya tanpa pikir panjang lagi gw mau lah, yakali ada kesempatan emas gitu, ada peluang untuk jadi lebih baik gw sia2kan. Namun masa transisi gw dari bagian chargen ke bagian keuangan bukan tanpa hambatan. Pada saat akan pindah gw sempat mengajukan surat permohonan pengunduran diri ke bagian2 yang berhubungan dengan chargen, gw sempet dipanggil oleh beberapa petinggi dibagian tersebut, ada yang nanya kenapa gw pindah? Ada yang nanya kenapa gw ganteng? Wkwkwkw oh iya gw lupa, gw tuh ngga ganteng, tapi ngangenin..hahaha (kenapa tiba2 jadi kepedean gini gw) gpp lah sekali2 ngebanggain diri..
Balik lagi ke cerita gw dipanggil beberapa petinggi, beberapa cuma nanya2 doang alasanya, dan beberapa lagi marah2in gw dengan keputusan yang gw ambil. Tapi yaudah, gw kan berhak menentukan mana yang lebih baik buat gw, walaupun salahnya gw cuma pindah bagian, harusnya pindah kantor sekalian..hahaha



Kayanya itu dulu aja deh yang bisa gw tulis dikesempatan ini, capek juga karna udah lama otak gw ngga dipake buat mikir yang terlalu berat. Gw juga agak lupa kejadian2nya, jadi sambil gw nginget2 lagi ya ditunggu aja postingan selanjutnya, walaupun gw ngga tau juga kapan bakal update postingan blog lagi.. hahaha

Ini aja gw update karna ada yg request aja, jadi seneng aja gitu karna ada yang baca. Padahal gw aja udah lupa punya blog ini..mau dijual juga ngga ada nilai jualnya, dicari nilai manfaatnya ya ngga ada juga. Tapi yaudah lah ya, gw nulis juga cuma buat nyalurin hobi aja sekali2, kalo terhibur ya alhamdulillah, kalo ada yang ngerasa tersinggung gw mohon maaf yang sedalam2nya, karna gw ngga ada niat sedikit pun untuk menyinggung, apalagi cari masalah..
So terima kasih banyak yang udah baca blog gw, semoga kalian terhibur, semoga bisa mengurangi sedikit beban hati dan pikiran kalian. Salam sobat Gooblog!









2 komentar:

Anonymous said...

wah satu kantor nih gan

Mimi.anggra said...

Ternyata tidak sengaja juga bisa menghibur. Tidak terima kasih��

Blogroll

twitter facebook email