Saturday, January 21, 2012

          Buat kalian semua yang masih bingung cara menggunakan batre laptop yang baik tuh gimana, atau masih bimbang kalau pakai laptop saat batre penuh cabut carger atau tidak...
Setelah melakukan searching2 di internet, akhirnya saya mendapatkan tips merawat batre laptop yang baik dan disertai alasan2 yang logis...



          Tips2nya antara lain:
1.  Saat pertama kali hal yang harus dilakukan setelah membeli laptop, Cas Batrei Skitar 8 - 10 jam, karena batrei yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) Sebaiknya Di cas terlebih dahulu.

2.  Setiap menggunakan laptop lebih baik jika charging battery (di Cas terus, meski sudah Full tetap dicas terus) Karena batrei tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya "jika Full, batrei akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, Dan Juga Tidak Membuat Batrei Soak/Kembung".

          Apakah batre saya sudah ada Controll Battery? Semua laptop keluaran diatas tahun 1996 sudah memiliki Controll Battery.


3.  Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = "Apabila batrei penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptor".
          Alasannya: Kalian pasti sering mendebgar istilah "Jika battery sudah penuh, harus dicabut adaptornya"
sebenarnya itu justru tidak diperbolehkan.. karena setiap battery itu memiliki cycle count.. semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop.


4.  Batrei jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke batrei (Cycle Count)
          Efek Kalibrasi: Kali brasi itu banyak efeknya lho..
                a. Cycle count berkurang 1 cycle.
                b. disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah dikalibrasi karena komponen2 nya masih bagus2.. Bagaimana dengan laptop tua yang komponen2 nya sudah lemah??? ini musibah..
               c. Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar..
kembali lagi ke laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Mobo dan Controlling Battery di battery.

5.  Jangan pernah BATREI DILEPAS, apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg lain.
          Alasannya: Laptop lebih baik menggunakan battery dan charger di colok ke listrik. Karena produsen2 laptop memang menganjurkan demikian, dan sudah mendesign laptop seperti itu, jadi jika battery full biarin aja adaptornya dicolok ke listrik ga usah dicabut, karena battery2 laptop sudah memiliki controll battery jika sudah penuh akan stop charging.

6.  5 menit Sebelum Memakai laptop charging battery dulu, 5 menit setelah Laptop dimatikan baru cabut adaptor.
          Alasannya: Mungkin maksudnya memberi kesempatan adaptor menghasilkan daya yg stabil. Kalau 5 menit sesudah shutdown, ini untuk colling down aja.. sekaligus untuk tegangan floating ke battery. sebenernya ga apa2, tapi kalo saya membiasakan begitu.

7.  Saat Menggunakan Batrei (portabel/tanpa di cas), hindari (Maen Game,Putar DVD/CD,Software2 Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrk mendingan di cas saja.

8.  Pastikan Suhu Kamar (ruangan) tidak terlalu Panas, karena suhu yang tinggi berefek menurunkan performa battery (cycle count berkurang), Karena, suhu adalah musuh bebuyutan battery





SUMBER

7 komentar:

Anonymous said...

SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT SANGAT setuju dengan point no 3....
Mantap itu yang kebanyakan orang awam tidak tahu...

Nice share om... artikel ginian nih yang bermanfaat...

district16 said...

waduh saya salah brati untung mmpir ksini
makasih gan :D

GStarCreation said...

@district16 sama gan..
Nice info

MIKROTIK said...

memang sangat sulit sob bila kita gak punya ilmu nya..
nice tips sob..

blog pendidikan said...

terima kasih sob atas informasinya, iya kelemahan utama dari laptop adalah batreinya, dengan tips ini bisa membantu para pemilik laptop dalam merawat baterai laptopnya. terima kasih.

info : link anda udah terpasang di blog saya, ditunggu komfirmasi balik.

Obat Herbal Kanker Payudara said...

wah,,kebetulan saya baru beli note book nih,,thanks atas infonya

Catatan Mahasiswa said...

@Obat Herbal Kanker Payudara: sama2 kk, dtng brknjung lg ya... ^^

Blogroll

twitter facebook email

Selamat Datang


Blog Archive