Saturday, February 25, 2012

          Hai temen- Temen semoga kali ini saya akan menshare artikel yang saya dapat dari pengalaman teman saya, semoga bermanfaat :

Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.

Polisi (Pol) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan STNK?
Sopir ( Sop ) : Baik Pak?

Pol : Mas tau..kesalahannya apa?
Sop : Gak pak

Pol : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat nomor taksi yg memang gak standar) sambil langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku tilang?lalu menulis dengan sigap
Sop : Pak jangan ditilang deh? wong plat aslinya udah gak tau ilang kemana? kalo ada pasti saya pasang
Pol : Sudah?saya tilang saja?kamu tau gak banyak mobil curian sekarang? (dengan nada keras !! )
Sop : (Dengan nada keras juga ) Kok gitu! taksi saya kan Ada STNK nya pak , ini kan bukan mobil curian!

Pol : Kamu itu kalo di bilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas) kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna MERAH)
Sop : Maaf pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya?Saya mau yg warna BIRU aja

Pol : Hey! (dengan nada tinggi) kamu tahu gak sudah 10 Hari ini form biru itu gak berlaku!
Sop : Sejak kapan pak form BIRU surat tilang gak berlaku?

Pol : Inikan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU? Dulu kamu bisa minta form
BIRU? tapi sekarang ini kamu Gak bisa? Kalo kamu gak kamu ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan ngotot)
Sop : Baik pak, kita ke komandan bapak aja sekalian (dengan nada nantangin tuh polisi)

Dalam hati saya ?berani betul sopir taksi ini ?
Pol : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas!?
Sop : Siapa yg melawan!? Saya kan cuman minta form BIRU? Bapak kan yang gak mau
ngasih

Pol : Kamu jangan macam-macam yah? saya bisa kenakan pasal melawan petugas!
Sop : Saya gak melawan!? Kenapa bapak bilang form BIRU udah gak berlaku? Gini aja pak saya foto bapak aja deh? kan bapak yg bilang form BIRU gak berlaku (sambil ngambil HP)

Wah ? wah hebat betul nih sopir ?. berani, cerdas dan trendy ? (terbukti dia mengeluarkan hpnya yang ada kamera).
Pol : Hey! Kamu bukan wartawankan! ? Kalo kamu foto saya, saya bisa kandangin
(sambil berlalu)

Kemudian si sopir taksi itupun mengejar itu polisi dan sudah siap melepaskan ?shoot pertama?
(tiba-tiba dihalau oleh seorang anggota polisi lagi )

Pol 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas sepeti itu
Sop : Si bapak itu yg bilang form BIRU gak bisa dikasih (sambil tunjuk polisi yg menilangnya)

lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang menilang tadi, ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi yang menghalau si sopir dan polisi yang menilang.
Akhirnya polisi yg menghalau tadi menghampiri si sopir taksi

Pol 2 : Mas mana surat tilang yang merah nya? (sambil meminta)
Sop: Gak sama saya pak?. Masih sama temen bapak tuh (polisi ke 2 memanggil polisi yang menilang)

Pol : Sini tak kasih surat yang biru (dengan nada kesal)

Lalu polisi yang nilang tadi menulis nominal denda sebesar Rp..30.600 sambil
berkata ?nih kamu bayar sekarang ke BRI ? lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini,
saya tunggu?..

Sop : (Yes!!) Ok pak ..gitu dong kalo gini dari tadi kan enak?

Kemudian si sopir taksi segera menjalnkan kembali taksinya sambil berkata pada saya, ?Pak .. maaf kita ke ATM sebentar ya ... mau transfer uang tilang . Saya berkata ya silakan.

Sopir taksipun langsung ke ATM sambil berkata, ? ?Hatiku senang banget pak, walaupun di tilang, bisa ngasih pelajaran berharga ke polisi itu.? ?Untung saya paham macam2 surat tilang.?

Tambahnya, ?Pak kalo ditilang kita berhak minta form Biru, gak perlu nunggu 2
minggu untuk sidang Jangan pernah pikir mau ngasih DUIT DAMAI?. Mending bayar mahal ke negara sekalian daripada buat oknum!?

Dari obrolan dengan sopir taksi tersebut dapat saya infokan ke Anda sebagai
berikut:

SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan Dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat.

Itupun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang, Dan oknum pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilai tilang... Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di kejaksaan setempat, disinipun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang..

SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda.

Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak salah norek Bank BUMN).

Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk di tukar dengan SIM/STNK kita di kapolsek terdekat dimana kita ditilang.

You know what!? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya tidak melebihi 50ribu! dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA.

Untuk tips lainnya, bergabung halaman kami

info ini beritahukan teman, saudara sama keluarga Anda.

Berantas korupsi dari sekarang.....

39 komentar:

pasarherbal said...

Ooooo....begitu ya...baru tau ane...makasih sob dan kasih infonya...bermanfaat bangets nih...

Anonymous said...

keren tuh buat tips, sayagnya ane bukan pengendara hehe :D

CRaZy Share said...

polisi tai lah,,, daerah gw banyk yg korup... ga pake helm, ga make sim, ga ada spion, ga ada stnk 300rb.. parah dah... akhirnya dibayar 100rb... semoga yang makan duitnya mati kafir... amin..

:D

emosi juga nih wkkawkw

bursaobatherbal said...

ups...aqu baru tau nih...ada form biru...apa kita kurang informasi atau emang pa pol...sengaja gak share ke warga....ya udahlah emamg beg..x pa pol...terima kasih nih infonya...aqu aja dah berap x ketilang ....ha...ha..ha...sukses for you...

Unknown said...

trik yang sungguh sungguh berharga sekaliiiii sob, kalo kena tilang akan saya pinta slip BIRU....thanks sob

Anonymous said...

Polisi memang kayak taik semua! uda digaji negara dari pajak rakyat tapi dilapangan tidak sesuai mottonya 3 M:
Melayani,mengayomi masyarakat.malah kebalikan memeras,memaksa dan menakuti masyakat dengan bangga menyebut dirinya petugas! kalau saya lihat polisi satlantas saya kayak lihat binatang, lihat saja di sekitar jalan lintas sumatera! bajing loncat sudah mulai ramai menjarah tetapi polsek setempat seperti tidak menanggapinya! waktu kapolri pak sutanto hampir bersih dari bajing,preman dan judi. sekarang mulai lagi dipelihara oleh oknum polisi bajingan.masyarakat jd muak dengan polisi kalo melapor kehilangan atau yang lainnya kok malam dimintai uang lapor? buat apa kita bayar pajak untuk menggaji binatang! saya perhatikan kadang saya kasihan dengan para supir truck lintas! uang jalan mereka hampir 30% habis untuk pengemis berseragam dijalan lintas!! hallo kapolri tolong anda tindak tegas polsek yang memeras para sopir dijalan lintas sumatera! sekali anda jalan di jalan lintas perhatikan disetiap polsek setiap malam anggota bawahan anda meminta uang kepada supir truck dengan ancaman ini itu. kalo polisi mau dihargai masyarakat tunjukkan kelakuannya dilapangan jgn cuma omong manis diatas saja! bravo pak sutanto, semoga muncul pak sutanto kedua!!!

cerita anak kost said...

wah ane pernah tau si gan tentang form biru dan merah ini, tapi ceritanya seru gan. mantap makasih mau share.

ardian said...

stelah baca artikelnya, saya jadi tau prbedaan antara surat tilang biru & merah....
supaya kita tidak mudah diperdaya oleh oknum2 yg tidak brtanggung jwb, yg hnya mncari2 kslahan pengendara supaya bisa ditilang....
thanks infonya bang,,,

Unknown said...

kalo motor juga ada slip merah biru gitu juga mas? waah parah nih selama ini saya sering kena tipu dong

Catatan Mahasiswa said...

@pasarherbal:sama2 kk, jngn smpe ketipu sama polisi ya...^^

Catatan Mahasiswa said...

@CRaZy Share:hhahaha...sabar kk, bsok lg mnta form biru aja ya, byar'y ga mngkn lbih dr 50rbu... ;)

Catatan Mahasiswa said...

@bursaobatherbal:saya alhmdulillah blm prnh smpe kna tilang kk, dan ini bisa bwat pgangan... :P

Catatan Mahasiswa said...

@M. Chandra Panjinata:ok kk sma2... :D

Catatan Mahasiswa said...

@Anonymous:amin kk...^^
emang pngemis yg brseragam itu lbih bhya dr pd pngemis biasa.....

Catatan Mahasiswa said...

@cerita anak kost:iya sma2 kk, jngn smpe slah minta form ya...^^

Catatan Mahasiswa said...

@rizaaal:semua mcam jnis tilang ada form merah dan biru kk...

pasar herbal said...

wah kayanya dah diwakili semuanya...bingung mau koment apaya....met aktivitas aja semanua....khususnya buat adminnya...jaga ksehatan agar tetap bisa beraktivitas dan berbagi untuk sesama..

Catatan Mahasiswa said...

@pasar herbal:mksh kk, kk jg jga ksehatan ya... :D

Xpresi4share N Software Pro said...

Xpresi4share N Software Pro jumpa lagi CAEM
Polisi=Rupiah
Rupiah=Ropiah itu sih nama rambutan
Artinya,daripada ditilang polisi mendingan beli rambutan hehehe,gak nyambung ya,sambungin aja dah.

kang anom said...

polisi kalau mau nilang hendaknya di tabrak saja supaya tidak terkena tilang polisi

agung said...

untung ajj baca artikel ini,bisa ngerti surat biru dan merah,,tp tuh polisi kalo nilang pasti lebih dr 50rb,,,thanks ya infonya

Lusia Yotista said...

Nice info.. lucu sekaligus bermanfaat izin save di komputer ya ;)

Catatan Mahasiswa said...

@Lusia Yotista:silakan kk, klo mang bermanfaat... :D

mrofiuddin said...

wah..tips yg bermanfaat sekali sobat...baru tahu nich kalau ternyata ada form biru/merah....terima kasih y...

Al-Fath said...

sebuah pelajaran yang berharga bagi kita warga yang baik terima kasih atas infonya gan dan minta ijin kopas buat disebarin di blog dan fb saya....

Catatan Mahasiswa said...

@Al-Fath:silakan kk, smoga brmanfaat ya... ^^

Jejak Puisi said...

ane baru tau nih sob... ternyata form biru yg harus kita minta.

salut dah ama sopir taksinya. mantap euy

salam blogger^^

freesoft88 said...

wah, boleh ditiru nih. thanks sob sudah berbagi info :)

cahaya ilmu said...

menarik nih he.he.he.he.

Rica Rahmah said...

info yang bagus, tp gak berlaku didaerah ane sob.
kalo dsini dendanya gk pakek slip2an. lgsung main duit, gak pkek Helm dendanya 200 ribu.

outlet said...

haduh baru tau saya kalau ad jenis2 form, o iya trik yg bagus ni gan .. nice sharing :D

abie darmaone said...

Bagus ni artikel jadi tau slip merah dan slip biru yang uangnya masuk kas negara untuk kebutuhan rakyat

jangan dikourup kaya si gayus

btw mampir ke blogku juga yaa
http://abieyuda.blogspot.com/

Ide Bisnis Halal said...

Makasih kaka infonya. Ini hal baru yang perlu disosialisasikan. Dan jangan lupa oleh-oleh pulang kampunya.

kang anom said...

memang sekarang kok banyak operasi polisi di jalan2 yaaa pa memang polisi gak di gaji ma pemerintah nasib kita deh orang rakyat yang terkena getahnya

@ezasyabani said...

Memang harus berani tuh kalau kta lagi ditilang.....

tapi bulan kemari saya dikasih tahu sama humas polwiltabes bandung kalo yang biru sekarang udah ga berlaku gan...

tapinya lagi ada mekanisme titip sidang sekarang jadi langsung bayar ditempat tapi lagi harus ada daftar "harga" tilangnya di polisi yang bersangkutan kalau cuma omong doang biasanya hoax...

Blogger sumedang Community said...

hahaha... polisi oooh polisi....

Nice share info bermanfa'at....

Unknown said...

PELAjaran yang berharga untuk saya.
Pilih warna biru . . .

#salam kenal,
difollow ya, ku follow balik

MIKROTIK said...

gampang sob..
salaman 20.000 ribu aja..
jadi bebas deh..
klo gak tlp om saya aja yang POLISI MILITER pasty bebas deh,,
kan dia gak mau di tanya tanya sama PM karna PM sangat detil sekali klo nanya...

Pearce Better Life said...

Kok gw kmren ditilang pke slip biru byr 100 ke bri ya

Blogroll

twitter facebook email

Selamat Datang