Friday, February 10, 2012

          Sekarang ini sedang marak2nya olahraga futsal, baik bapak-bapak ataupun anak muda, bahkan anak2 pun gemar bermain futsal, mungkin karena olahraga bola ini olahraga yang cukup terkenal di Internasional. Sekarang ini pun sudah banyak jenis lapangan yang digunakan ada yang mengunakan karpet karet, rumput sintetis dan bahkan ada yang menggunakan lantai semen biasa.

Namun selain itu Anda juga harus mengetahui tips-tips yang benar dalam berolahraga futsal, berikut 5 tips menjadi pemain futsal layaknya bintang lapangan, yaitu:



1. Lakukan pemanasan dan pendinginan
           Melakukan pemanasan sebelum bermain sangat penting karena tanpa pemanasan anda akan merasa kaku dan cepat lelah saat bermain, bahkan bisa membuat urat Anda putus dikarenakan otot-otot yang sedang diam, namun secara spontan Anda menendang bola atau berlari. Tapi lakukanlah pemanasan jangan terlalu berlebihan dan lama, anda cukup melakukannya 5-7 menit, kalau berlebihan anda bakal merasa terlalu lelah saat bermain. Banyak latihan olahraga yang mendukung permainan futsal. Pemanasan seperti dalam latihan badminton akan menambah kecepatan kaki.

           Sementara pendinginan Anda lakukan setelah Ada selesai bermain, ini berfungsi untuk pematangan otot yang Anda telah latih, merenggangkan otot yang sedang panas dan kencang, dan mencegah penyakit varises.

2. Tendang dengan ujung kaki
           Dengan beratnya bola futsal, anda dianjurkan untuk menendang bola dengan ujung kaki/jari-jari kaki, maka tendangan anda akan sangat keras. Tendangan memisang tidak terlalu dianjurkan karena masalah lapangan yang kecil lagi. Tips ini sering saya gunakan dalam melakukan tendangan free kick karena terbukti bisa mencetak gol.

3. Jangan minum terlalu banyak saat dan setelah berolahraga
           Walaupun merasa sangat haus, minumlah secukupnya, jangan mengikuti hasrat, dan minumlah air yang tidak dingin dan tidak panas. Kekembungan mempengaruhi cara bermain Anda. terlebih minum terlalu banyak berakibat buruk bagi sarat dan jantung karena tubuh kita yang sedang panas berkeringat langsung di timpa dengan air, bisa jadi badan kita drop.

4. Hindari terlibat kontak fisik
           Peraturan futsal sama ketatnya dengan basket dan sepak bola. Kontak fisik secara serius akan diberi pelanggaran, dan anda juga tidak boleh menyapu kaki lawan anda, tidak seperti dalam bermain bola lapangan besar. Wasit PSSI untuk futsal tentunya paham dan harus jeli masalah ini.

5. Bermain cepat dan berputar
           Tips yang terakhir yang saya rekomen untuk Anda jika menjadi bintang lapangan. Dalam olahraga futsal, permainan lebih baik dilakukan dengan tempo irama cepat dan tidak berlama-lama mengiring bola, dan disarankan agar setelah mengoper bola secepatnya mencari posisi yang baik untuk kembali dioper itu yang dinamakan tempo cepat agar rekan tim Anda bisa imbang cepat dengan Anda. Posisi tetap layaknya permainan sepak bola tidak dianjurkan dalam bermain futsal, karena tidak cocok dengan lapangan yang kecil.


Beberapa Video Tutorial Bagi Kalian Yang Ingin Menambah Skill Futsal, Silakan Download:
Selamat Mencoba Semoga Skill Kalian Bertambah...^^


15 komentar:

Yuri Rahmanto said...

saran yang bagus untuk menjadi bintang lapangan futsal :) terimakasih infonya sobat.. sering sering maen ke http://inovasiit.blogspot.com ya ... salam kenal

district16 said...

mantab tipsnya
saya coba klo pas maen futsal y

Farhan Fauzan said...

wahhh...tips sehat dikala berolah raga bang...
sip banget inpo sehat futsalnya...semangat olahraga dan sukses selalu bang

ale kaleng said...

dulu ane jago banget tau gan main futsalnya (hehehe) tapi karna kena paru2 sekarang udah ga kuat lagi main futsal :(

mipta-share said...

yg no.3 tu g bisa dipungkiri sob...pasti waktu istirahat maupun habis ftsal saya kebanyakan mnum air..smpe kmbung ni perut..hhaa :D

Catatan Mahasiswa said...

@ale kalengkok bsa kk? :(

Blog Keperawatan said...

Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya ini

rj said...

nice inpoh sob, karena sibuk, jarang main futsal lagi skr

Spenza-Sumpiuh said...

Saran yg bagus nice kawan tips nya

MIKROTIK said...

sayang saya kurang suka dengan bola..
klo saya suka bola saya terapkan tip tips ini..

Unknown said...

terimakasih infonya gan moga , saya bisa main futsal dgn hebat !
http://semogaman.blogspot.com
kunjungi ya blog saya :
tx

Artikel Kuliah said...

enaiknya main futsal karena harus aktif jika ingin dapat bola

Shasmira said...

Thanks for sharing, infonya sangat bermanfaat sekali. salam kenal ya..

Busana Muslim hijab online

Download Mozilla Firefox terbaru d2 kab said...

Thanks gan sangat bermanfaat ilmunya

Andre said...

Kemarin ane liat bola futsal bagus2 produknya di ACE Hardware, cocok banget nih kalau yg mau belajar sampai jago main futsal

Blogroll

twitter facebook email

Selamat Datang